Langsung ke konten utama

4 CARA TINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN BISNIS ONLINE

Di zaman serba modern seperti saat ini, bisnis online menjadi salah satu pilihan mencari uang tambahan yang sangat diminati. Ada banyak hal yang membuat bisnis online laris manis dari berbagai kalangan mulai dari anak kuliahan hingga ibu rumah tangga, salah satunya adalah minimnya modal awal yang dibutuhkan. Selain itu, pelaku bisnis online juga tak perlu memiliki tempat usaha yang luas.

Bahkan, banyak pebisnis online yang hanya bertindak sebagai reseller tanpa memproduksi sendiri barang yang dijualnya. Dan dari segi waktu, pebisnis online lebih tak terikat karena semua kegiatan bisa dilakukan saat luang. Keuntungannya pun lumayan besar, terlebih lagi jika pelanggan sudah semakin banyak.

Namun tak sedikit orang yang tersendat usahanya lantaran tak kunjung mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Dalam hal ini, penting sekali bagi para pebisnis online untuk mempelajari trik meningkatkan kepuasan pelanggan. Yuk, simak caranya berikut ini:

Berikan Layanan Ekstra

Pembeli adalah raja. Hal ini tak hanya berlaku pada para pemilik toko, namun juga bagi pelaku bisnis online. Untuk memanjakan dan menyenangkan hati sang raja, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Untuk usaha dengan skala besar yang sudah memiliki omzet tinggi, Anda bisa memberikan layanan ekstra dengan cara memberikan diskon harga, bonus barang, atau juga menggratiskan ongkos kirim. Namun bagi Anda yang baru memulai bisnis online dan tak memiliki dana lebih, pelayanan ekstra bisa diberikan dengan menawarkan pelayanan yang ramah, sistem belanja yang mudah, serta aktif membangun keterikatan dengan pembeli melalui media sosial.

Bisa Dipercaya

Pembeli tentu menginginkan pelayanan yang terpercaya, meski harga barang yang mereka bayar tidaklah mahal. Maka dari itu, jangan pernah mengecewakan pembeli misalnya dengan mengirim barang terlambat, membungkus barang dengan tidak aman, atau memberikan produk yang tidak sesuai pesanan. Seberapa pun kecilnya nilai transaksi, tetap perlakukan pembeli dengan profesional sehingga mereka pun merasa puas.

Merespon dengan Cepat

Salah satu hal yang membuat pelanggan kabur adalah karena Anda terlalu lama membalas pesan yang mereka kirimkan. Para pembeli tentu akan mencari toko online yang memberikan layanan cepat dan bisa segera menanggapi pesanan mereka. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Kadangkala Anda sudah memberikan pelayanan terbaik, namun pembeli masih kurang puas karena barang sampainya lama atau tiba dengan keadaan rusak. Itulah mengapa penting sekali memilih jasa pengiriman terpercaya seperti layanan Pos Kilat Khusus dari PT Pos Indonesia. Layanan ini memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Layanan tersedia di semua Pos Indonesia seluruh Indonesia
  • Jaringan terluas ke seluruh Indonesia
  • Tarif lebih hemat dan kompetitif
  • Jaminan kehilangan/kerusakan kiriman diberikan ganti rugi
  • Jejak lacak status kiriman melalui:www.posindonesia.co.id atau HaloPOS 161
  • Fasilitas jemput kiriman untuk pelanggan khusus

Karakteristik Dari Layanan Pos Kilat Khusus Adalah Sebagai Berikut

  • Berat maksimal kiriman sampai dengan 50 kg. Ukuran dimensi maksimal kiriman, baik yang berbentuk kotak, gulungan, dan yang tidak beraturan adalah:
    Ukuran maksimal (berbentuk kotak/gulungan)
    Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm, dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  • Tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut:
    1. Mempergunakan berat kiriman aktual (actual weight)
    2. Mempergunakan perhitungan volumetrik untuk kotak/ gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan sebagai berikut: (Panjang x Lebar x Tinggi x 1 kg) : 6.000
  • Penyerahan kiriman paketpos dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu:
    1. Kiriman diantar ke alamat penerima
    2. Kiriman diambil di Pos Indonesia tujuan
  • Standar Waktu Penyerahan (SWP) H+2 s.d H+9 hari
Salah satu hal paling menguntungkan dari layanan ini adalah adanya Pos Indonesia tracking alias pelacakan barang. Pos Indonesia tracking bisa dilakukan melalui www.posindonesia.co.id atau HaloPOS 161. Untuk melakukan Pos Indonesia tracking melalui www.posindonesia.co.id, Anda tinggal memasukkan data sebagai berikut:
  • Asal tempat pengiriman
  • Tujuan pengiriman
  • Berat barang dalam satuan gram
  • Dimensi kiriman (panjang, lebar, tinggi dalam satuan cm)
  • Nilai barang
  • Kode keamanan
Dengan adanya layanan Pos Indonesia tracking ini, tentu pembeli merasa lebih aman karena bisa mengetahui posisi pengiriman barang dan tidak akan melimpahkan kesalahan kepada Anda selaku penjual.
Khusus untuk wilayah kita Jogja dan sekitarnya, Kantor Pos Sorogenen hadir di Jalan Sorogenen No. 1 Sorosutan, Umbulharjo Yogyakarta. Kehadiran Kantor Pos Sorogenen ditujukan untuk memudahkan customer yang hendak melakukan transaksi pengiriman paket dan dokumen ke seluruh wilayah jangkauan Pos Indonesia.
Hadir sebagai salah satu agen dari Pos Indonesia yang memiliki wilayah kerja di Kota Jogja dan sekitarnya, Kantor Pos Sorogenen pastinya turut menjunjung dan menerapkan prinsip kerja yang sama dengan Pos Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL PAKET POS DAN EXPRESS MAIL SERVICE DARI POS INDONESIA

Saat ini memang sudah banyak sekali bermunculan jasa pengiriman surat dan paket di Indonesia. Setiap ekspedisi pengiriman menawarkan pelayanan dan inovasi berbeda untuk menarik pelanggan. Meski demikian, PT Pos Indonesia masih menjadi pilihan utama karena telah dipercaya seluruh masyarakat Indonesia sejak dulu kala. PT Pos Indonesia juga terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pekayanan sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pengiriman surat dan paket ke berbagai daerah, bahkan ke luar negeri. Nah, kali ini Anda akan mengenal lebih jauh mengenai layanan Paket Pos dan Express Mail Service dari PT Pos Indonesia. Yuk, simak informasi lengkap mengenai kedua jasa pengiriman berikut ini: Paket Pos Dengan slogan ‘solusi kebutuhan bisnis Anda’, Paket Pos adalah layanan pengiriman paket dengan tarif paling ekonomis. Ada berbagai keunggulan dari jasa pengiriman ini, antara lain: Jaringan nasional hingga ke seluruh wilayah Indonesia Kemudahan akses dan jangkauan pelaya...

PAHAMI SYARAT DAN KETENTUAN JAMINAN GANTI RUGI POS INDONESIA

Dalam bisnis jasa pengiriman kecepatan tidak hanya menjadi tolak ukur kualitas pelayanan. Tetapi juga harus menjadi perhatian utama dalam menangani costumer. Yang paling utama dalam layanan adalah bagaimana kecepatan perusahaan jasa pengiriman saat merespon jika ada keluhan atau komplain dari costumer. Termasuk dalam hal bagaimana tanggung jawab perusahaan jasa pengiriman jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada kiriman. Sebagai perusahaan jasa pengiriman PT. Pos Indonesia selalu memberikan yang terbaik untuk kepuasan costumer salah satunya adalah memberikan jaminan ganti rugi. Pada jaminan ganti rugi tentunya PT. Pos Indonesia mempunyai syarat dan ketentuan yang harus Anda ketahui sebagai costumer, jaminan ganti rugi surat dan paket berdasarkan ketentuan ini berlaku untuk layanan EMS atau internasional, diantaranya adalah: Kiriman internasional yang bisa diberikan ganti rugi adalah sebagai berikut: Kiriman yang mempunyai barcode yaitu produk EMS, paket internasional dan surat ...

6 KIAT SUKSES JALANKAN BISNIS ONLINE SHOP

Mau bisnis online shop Anda sukses? Ikuti 6 kiat suksesnya di bawah ini, salah satunya dengan mempercayakan PT POS Indonesia.  Online shop, mendengar namanya tentu tak asing lagi di telinga. Kehadirannya membuat banyak orang merasa lebih dimudahkan dalam berbelanja. Hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi Anda yang ingin memulai usaha kecil menengah, tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Cukup gunakan smartphone dan koneksi internet yang memadai, pundi-pundi rupiah pun menanti Anda. Akan tetapi yang namanya bisnis, tentu tak ada yang semulus jalan tol ketika baru Anda jalankan. Mau bisnis online shop Anda sukses? Ikuti 6 kiat suksesnya di bawah ini. Endorse Artis Ketika memutuskan untuk berbisnis online shop, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah bagaimana cara mempromosikan barang dagangan Anda. Agar berhasil meraup pasar yang tepat sasaran, cobalah menggunakan jasa endorse artis yang konon, dalam sehari bisa membuat jumlah pembeli online shop Anda melonjak drast...