Masing-masing perusahaan memiliki cara tersendiri agar pencari kerja dapat mengirimkan surat lamaran beserta berkas-berkas lain sebagai syarat pengajuan diri menjadi karyawan. Pelamar bisa mengirimkan surat lamaran kerja secara langsung, menggunakan jasa pengiriman, melalui media sosial dan juga email.
Sekarang ini, banyak perusahaan yang telah memberikan kemudahan bagi para pelamar kerja dalam memberikan surat lamaran kerja dan informasi sebagai calon karyawan tanpa harus datang langsung ke perusahaan. Tapi dari sekian banyak pilihan, manakah yang paling efektif? Nilai keefektifan tersebut tergantung dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan juga pola rekruitmen dari sebuah perusahaan.
Pengiriman surat lamaran kerja via Pos Indonesia masih menjadi favorit di sebagian besar perusahaan dalam merekrut calon karyawan. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan melamar pekerjaan menggunakan jasa Pos Indonesia, Anda wajib mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan dalam amplop surat lamaran kerja Anda.
Perlu Anda ketahui bahwa pesaing-pesaing Anda tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan strategi khusus agar surat lamaran kerja Anda menjadi yang terpilih diantara tumpukan lamaran kerja pada perusahaan yang Anda lamar.
Sebagai pencari kerja, Anda wajib memiliki keunggulan dalam menawarkan surat lamaran kerja Anda agar mendapat panggilan dari perusahaan yang Anda lamar dan mengikuti tes seleksi tahap lanjut sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Hal ini menjadi penting dan harus Anda lakukan karena perusahaan besar akan menerima surat lamaran kerja dalam jumlah yang banyak meskipun tidak mengumumkan suatu lowongon kepada publik.
Tips Kirim Surat Lamaran Via Pos Indonesia
Menurut sebuah survey, perusahan dengan skala besar seperti HM Sampoerna, Samsung dan Gudang Garam menerima setidaknya 50 surat lamaran dalam waktu satu hari. Lakukan langkah-langkah berikut agar surat lamaran kerja Anda bisa bersaing dengan calon karyawan lainnya.
1. Menyusun amplop lamaran kerja yang akan Anda kirim melalui Pos Indonesia. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah desain amplop. Gunakan amplop dengan ukuran besar yaitu satu folio agar berkas lamaran yang dikeluarkan dari dalam amplop tetap rapi dan tidak berlipat. Keadaan surat lamaran kerja yang rapi akan memberikan nilai tambah bagi Anda tentunya.
2. Tips kirim surat lamaran via Pos Indonesia selanjutnya yaitu, perhatikan letak nama pengirim dan juga yang dikirim dalam amplop surat lamaran Anda. Tulislah nama manager HRD atau personalia dengan jelas. Untuk posisi ini, letaknya di bagian depan amplop Anda. Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan alamat secara lengkap beserta nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi selama Anda mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.
Sebab sekarang ini, hampir mayoritas perusahaan menghubungi calon karyawan melalui nomor tersebut dan jarang sekali perusahaan yang memberi informasi melalui surat panggilan.
3. Warna amplop merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Gunakan warna yang umum seperti coklat dan hindari menggunakan amplop warna-warni karena akan memberikan kesan kurang formal.
4. Tips kirim surat lamaran via Pos Indonesia, pastikan bahwa surat lamaran beserta kelengkapan dokumen pendukung tidak terdapat kesalahan dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan. Apabila perusahaan yang akan Anda lamar tidak memberikan persyaratan secara khusus, Anda cukup melampirkan berkas umum yang menunjang data diri dan kemampuan yang Anda miliki.
1. Menyusun amplop lamaran kerja yang akan Anda kirim melalui Pos Indonesia. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah desain amplop. Gunakan amplop dengan ukuran besar yaitu satu folio agar berkas lamaran yang dikeluarkan dari dalam amplop tetap rapi dan tidak berlipat. Keadaan surat lamaran kerja yang rapi akan memberikan nilai tambah bagi Anda tentunya.
2. Tips kirim surat lamaran via Pos Indonesia selanjutnya yaitu, perhatikan letak nama pengirim dan juga yang dikirim dalam amplop surat lamaran Anda. Tulislah nama manager HRD atau personalia dengan jelas. Untuk posisi ini, letaknya di bagian depan amplop Anda. Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan alamat secara lengkap beserta nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi selama Anda mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.
Sebab sekarang ini, hampir mayoritas perusahaan menghubungi calon karyawan melalui nomor tersebut dan jarang sekali perusahaan yang memberi informasi melalui surat panggilan.
3. Warna amplop merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Gunakan warna yang umum seperti coklat dan hindari menggunakan amplop warna-warni karena akan memberikan kesan kurang formal.
4. Tips kirim surat lamaran via Pos Indonesia, pastikan bahwa surat lamaran beserta kelengkapan dokumen pendukung tidak terdapat kesalahan dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan. Apabila perusahaan yang akan Anda lamar tidak memberikan persyaratan secara khusus, Anda cukup melampirkan berkas umum yang menunjang data diri dan kemampuan yang Anda miliki.
Setelah dokumen lamaran Anda siap, tips kirim surat lamaran selanjutnya yaitu dengan menggunakan layanan Pos Express. Dengan begitu surat lamaran Anda bisa lebih cepat sampai secara aman dan nyaman.
Khusus untuk wilayah kita Jogja dan sekitarnya, Kantor Pos Sorogenen hadir di Jalan Sorogenen No. 1 Sorosutan, Umbulharjo Yogyakarta. Kehadiran Kantor Pos Sorogenen ditujukan untuk memudahkan customer yang hendak melakukan transaksi pengiriman paket dan dokumen ke seluruh wilayah jangkauan Pos Indonesia.
Hadir sebagai salah satu agen dari Pos Indonesia yang memiliki wilayah kerja di Kota Jogja dan sekitarnya, Kantor Pos Sorogenen pastinya turut menjunjung dan menerapkan prinsip kerja yang sama dengan Pos Indonesia.
Komentar
Posting Komentar